Logo

Bombana 04 Februari 2025 (Dibaca: 2.219 Kali)

Sosialisasi Pendaftaran Paskibraka Tingkat Kabupaten Bombana Dimulai, Cek Informasi Persyaratan dan Prosedur Pendaftaran

post

Kesbangpol Bombana saat melakukan sosialisasi pendaftaran Paskibraka tahun 2025 di salah satu sekolah. Foto : Diskominfo Bombana.

BOMBANA, KERATONNEWS.CO.ID- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bombana melaksanakan sosialisasi Pendaftaran Paskibraka tahun 2025 di sejumlah sekolah, Senin (3/3/2025).

Langkah ini untuk mengoptimalkan sosialisasi pendaftaran paskibraka ke sekolah-sekolah dengan harapan semakin banyak pelajar yang dapat mengakses informasi pendaftaran. 

Sejumlah sekolah yang disasar Kesbangpol yang berlokasi di Kecamatan Poleang Tenggara yakni SMA Negeri 17 Bombana, SMA 04 Bombana, dan SMK Giat Bangun Negeri.

Sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Bombana, Drs. Budiman, MM, didampingi Kepala Bidang Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Hj. Suarni, SP.,MP.

Budiman mengatakan mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pelajar mengenai persyaratan, prosedur pendaftaran, serta tahapan seleksi untuk menjadi bagian dari Paskibraka tingkat Kabupaten Bombana tahun 2025.

Ia juga menjelaskan secara rinci tentang substansi pelaksanaan Paskibraka, yang mencakup peran dan tanggung jawab para anggota Paskibraka dalam mengibarkan bendera merah putih pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. 

"Menjadi anggota Paskibraka bukan hanya soal kehormatan, tetapi juga tentang tanggung jawab besar dalam menjaga nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme. Kami berharap banyak pelajar yang berminat untuk mendaftar dan siap mengikuti proses seleksi dengan penuh dedikasi," ujarnya.

Selanjutnya, Kabid Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Suarni selaku yang membidangi pelaksanaan Paskibraka menjelaskan tentang persyaratan pendaftaran Paskibraka, yakni:

Warga negara Indonesia

Calon Paskibraka merupakan pelajar kelas X (sepuluh) dengan minimal usia 16 tahun sampai dengan 18 tahun pada tanggal 17 Agustus sesuai tahun penugasan pada upacara hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Memperoleh izin tertulis dari kepala sekolah, memperoleh persetujuan tertulis dari orang tua/wali, mengisi dan menandatangani pernyataan kesediaan mematuhi peraturan program Paskibraka.

Nilai akademik minimal berkategori baik, sehat jasmani dan rohani berdasarkan surat keterangan sehat dari fasilitas kesehatan pemerintah yang diterbitkan setelah tanggal pengumuman pada masing-masing daerah, 

Kemudian memiliki tinggi badan ideal sebagai berikut :

Paling rendah 170 sentimeter dan paling tinggi 180 sentimeter untuk pelajar putra, dan

Paling rendah 165 sentimeter dan paling tinggi 175 sentimeter untuk pelajar putri, yang dinyatakan dalam surat keterangan sehat dari fasilitas kesehatan pemerintah.

Memiliki bentuk kaki O (O been) dengan ekstremitas paling banyak 5 (lima) sentimeter, bentuk kaki X (X been) dengan ekstremitas paling banyak 5 (lima) sentimeter, dan tidak memiliki bentuk telapak kaki datar (flat foot).

Biasanya persyaratan tinggi badan di tingkat Kabupaten Bombana diseuaikan dengan kondisi tinggi pelajar yakni paling rendah 165 cm dan paling tinggi 180 cm untuk pelajar putra. Paling rendah 160 cm dan paling tinggi 175 cm untuk pelajar putri, Tentunya dengan meminta penurunan tinggi badan ke Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI.

“Adik- adik semua, insya Allah pendaftaran seleksi administrasi Paskibraka akan kita buka pada akhir Februari atau Awal Maret 2025. Saat ini kami fokus pada sosialisai pendaftaran paskibraka. Dan ada baiknya masing-masing sekolah agar menunjuk guru pendamping khusus pendaftaran paskibraka tujuannya untuk memudahkan koordinasi," bebernya.

Sementara itu, Admin Transparansi Paskibraka, Nursia Sinaga menyebut pelaksanaan pendaftaran Paskibraka dapat diakses melalui web https://paskibraka.bpip.go.id/ . 

Dirinya juga menjelaskan terkait dokumen yang akan diupload pada saat pendaftaran secara online yakni kartu keluarga, surat ijin dari sekolah, surat ijin orang tua, nilai raport, surat keterangan berbadan sehat dan pernyataan kesediaan mematuhi peraturan pelaksanaan pembentukan Paskibraka tahun 2025. 

"Semua format dokumen yang akan diupload tersedia di web Paskibraka," ungkapnya.

Untuk tahapan pelaksanaan seleksi paskibraka adalah sebagai berikut:

Seleksi berkas/administrasi, seleksi wawasan kebangsaan secara online, seleksi intelegensia umum secara online, seleksi kesehatan.

Seleksi parade, seleksi PBB, Seleksi kesamaptaan dan seleksi kepribadian.

Rencananya, pelaksanaan pendaftaran online Paskibraka tingkat Kabupaten Bombana Tahun 2025 akan dibuka akhir Februari 2025 dan atau awal Maret 2025 mendatang.

Sosialisasi ini disambut antusias oleh para pelajar di tiga sekolah. Banyak pelajar yang mengungkapkan keinginan untuk menjadi bagian dari Paskibraka dan turut berpartisipasi dalam memperingati kemerdekaan Indonesia. (A)

Reporter : Israwati
Editor : Dul
Sidebar Banner
Sidebar Banner
Sidebar Banner
Sidebar Banner

Tinggalkan Komentar