Dishub Sultra Harap DAMRI Berikan Pelayanan Terbaik Buat Masyarakat

  • Reporter: LM Ismail
  • Editor: Dul
  • 30 Jan 2025
  • 2410 Kali Dibaca

KENDARI, KERATONNEWS.CO.ID – Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara (Dishub Sultra) berharap agar Perusahaan Umum Damri (DAMRI) terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat. 

Harapan ini disampaikan menyusul peran penting DAMRI sebagai salah satu penyedia transportasi darat yang melayani berbagai wilayah di Sultra, termasuk daerah terpencil.

Kepala Dishub Sultra, Muhamad Rajulan melalui Kepala Bidang Angkutan Jalan, Syaiful menekankan bahwa transportasi publik yang nyaman dan aman adalah kebutuhan dasar masyarakat. 

Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan DAMRI dapat lebih meningkatkan efisiensi layanan, baik dari segi ketepatan waktu, keamanan, maupun kenyamanan penumpang.

"Saya juga berharap pihak DAMRI bisa memberikan pelayanan yang terbaik, apalagi ini menjalang bulan puasa. Sehingga otomatis butuh transportasi yang maksimal pelayanannya," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan whatsapp, Rabu (29/1/2025).

Harapannya pelayanan terbaik ini bisa diberikan meski tanpa adanya aksi protes diawal, seperti kejadian beberapa hari lalu, di mana dari pihak Konsorsium Mahasiswa Hukum Sultra menggelar aksi protes atas armada yang digunakan di rute Kendari-Muna Barat tidak layak pakai.

"Artinya jangan tunggu orang seperti teman-teman mahasiswa, masyarakat dan di kantor dan berdemo baru memperbaiki diri. Harapannya mudah-mudahan teman-teman DAMRI bisa mengantisipasi itu," ucapnya.

Sehingga Dishub berharap DAMRI dapat melakukan evaluasi dan peremajaan kendaraan guna memastikan kenyamanan dan keselamatan penumpang.

Untuk mengatasi hal ini, Dishub Sultra berencana melakukan koordinasi lebih lanjut dengan pihak DAMRI. Rapat evaluasi akan digelar secara rutin guna memastikan adanya peningkatan dalam setiap aspek layanan transportasi ini.

Di sisi lain, Dishub juga menekankan pentingnya pelayanan yang ramah dari para awak bus. Pelayanan yang baik dari pengemudi dan kondektur sangat berpengaruh terhadap kepuasan penumpang.

Terkahir Dishub Sultra menegaskan bahwa pihaknya akan terus mengawasi dan memberikan rekomendasi kepada DAMRI agar layanan transportasi publik ini semakin baik. Masyarakat juga diimbau untuk memberikan masukan dan melaporkan jika menemukan kendala dalam layanan DAMRI.

"Kami berharap juga sebenarnya, masyarakat bisa kritis, maksudnya ketika ada pelayanan tidak baik bisa sampaikan ke kantor dengan jalur-jalur yang baik, misalnya ke kantor lalu sampaikan agar kita bisa saling mengontrol," pungkasnya. (Adv)