Pj Wali Kota Baubau Sidak OPD dan Warning Kinerja OPD

  • Reporter: Bardin
  • Editor: Dul
  • 30 Apr 2024
  • 2370 Kali Dibaca

BAUBAU, KERATONNEWS.CO.ID - Pj Wali Kota Baubau, Dr.Muh.Rasman Manafi, SP, M.Si kembali melakukan inspeksi mendadak di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Baubau hari Selasa siang (30/4/2024).

Kunjungan mendadak ini sudah beberapa kali dilakukan untuk melihat sejauh mana perubahan yang ditunjukkan OPD yang memberikan pelayanan kepada masyarakat itu. Dan di momen kunjungan ini masih banyak hal yang ditemukan masih jauh dari harapan.

"Kantor Capil dan PTSP harus disipkan menjadi model untuk layanan kita, jadi tidak boleh lagi seperti ini. Masih banyak yang harus dibenahi, mulai dari luar kantor sampai ke dalam," tegasnya.

Salah satu yang disoroti Pj Wali Kota adalah penataan area halaman luar kantor. Ia kembali memberikan teguran dan berharap hal ini menjadi perhatian serius.

“Sudah tiga kali saya berkunjung, situasi halamannya gersang. Padahal ini mau disiapkan jadi mall pelayanan publik, mau jadi unit pelayanan terpadu, ya kalau mau memberikan pelayanan, lihat itu standarnya pelayanan Bank,” ungkapnya.

Setelah mengecek sejumlah ruangan di Disdukcapil, Dr Muh Rasman Manafi meneruskan inspeksi ke kantor PTSP Kota Baubau untuk melihat perkembangan pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang bertempat di lantai dasar gedung PTSP. Lokasi ini dipastikan rampung dan siap dioperasikan 2 (dua) pekan mendatang.

Di kantor Distantangan, Rasman menyoroti tiga hal, pertama; efisiensi ruangan, keasrian, serta personil. Pantauannya, masih ada ruang kerja yang belum tertata rapi, masih banyak kursi kosong, serta tanaman kering.

“Semua harus bekerja, bukan hanya dibebankan pada orang tertentu. Ini dinas pertanian, harus hijau, sejuk, kita masuk kita senyum. Bukan kita stres liat tanaman kering semua,” sorot Rasman.

Rasman telah mengadendakan untuk melakukan evaluasi kinerja seluruh OPD. Upaya ini guna mendorong dukungan manajemen, organisasi, kebersihan, kedisiplinan, etika, attitude, kinerja ASN disetiap OPD. (C)