Lagi, Pemkot Kendari Luncurkan 16 Inovasi Daerah

  • Reporter: Israwati
  • Editor: Dul
  • 25 Okt 2023
  • 2898 Kali Dibaca

KENDARI, KERATONNEWS.CO.ID- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari meluncurkan 16 inovasi daerah, Rabu (25/10/2023).

Inovasi daerah ini merupakan karya reformer pejabat di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan IX, X, dan XI.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan dari puluhan inovasi daerah yang diluncurkan ini, semuanya bertujuan untuk mempermudah dan membantu pelaksanaan pekerjaan sehari-hari sesuai dengan bidang dan tugas masing-masing.

Juga memperpendek rentang kendali birokrasi, serta menghindarkan diri dari potensi-potensi Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).
Sehingga ia menekankan agar inovasi tersebut terus dikembangkan. 

 "Tidak berhenti hanya pada saat peluncuran, tetapi betul-betul bisa diaplikasikan, diimplementasikan dan direplikasi oleh unit kerja lain," katanya.

Salah satunya yaitu sistem yang dibangun oleh Camat Wua-wua yang disebut Lorong Momahe. Di mana aplikasi ini mempermudah penanganan kebersihan di wilayah. Sehingga menurut Kepala Biro Umum Kemendagri ini, hal tersebut bisa direplikasi oleh lurah, maupun camat yang ada di Kota Kendari.

Asmawa juga mengucapkan terimakasih kepada pimpinan OPD yang telah memberikan kesempatan kepada para reformer pejabat-pejabat di OPD untuk mengikuti pendidikan tersebut.

"Mudah-mudahan hasil dari PKA ini akan memberi kontribusi dalam rangka peningkatan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan di Kota Kendari," harapnya. 

Berikut 16 inovasi daerah yang baru diluncurkan diantaranya: 

Sistem informasi layanan pensiun pegawai (Si-Lansia) yang pelaksananya yaitu Sekretaris BPKSDM Kita Kendari.

Sistem layanan penyusunan rencana kerja anggaran terintegrasi dengan rencana kebutuhan barang milik daerah (Selancar RKBMD), pelaksana Kabid Anggaran BPKAD Kota Kendari.

Sistem informasi lingkungan hidup dan kehutanan (Silahkan), pelaksana Sekretaris DLHK Kota Kendari.

Sistem informasi penilaian kinerja penyedia (Si-Apadia), pelaksana Kepala bagian PBJ Setda Kota Kendari.

Modul penyusunan laporan keuangan BLUD Puskesmas (Modus Pelaku), pelaksana Kabid Akuntansi dan Pelaporan BKAD Kota Kendari.

Pusat pembelajaran keluarga (Puspaga), pelaksana Sekretaris DP3A Kota Kendari.

Terwujudnya percepatan status Puskesmas sebagai BLUD-UPTD, (BLUD-UPTD), pelaksana Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Kendari.

Pendaftaran online kepesertaan jaminan kesehatan nasional penerima bantuan iuran (Pokjanal-PBI), pelaksana Kabid Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Kendari.

Optimalisasi capaian kinerja pegawai melalui penyusunan SOP dan dokumentasi berbasis digital (Okemi SOP Dibagi), pelaksana Kepala Bagian Umum Setda Kota Kendari.

Workshop teman sekantor (Ngopi Kare With Trici), pelaksana Kepala Bagian Keuangan Setda Kota Kendari.

Sistem informasi temukan dini ibu hamil (Si Tina), pelaksana Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kota Kendari.

Sistem informasi terpadu data komoditi pertanian (Si Duta Taniku), pelaksana Sekretaris Dinas Pertanian Kota Kendari.

Sistem informasi industri daerah (Si Indah), pelaksana Kabid Sarpras Industri dan Pemberdayaan Industri, Dinakerperin Kota Kendari.

Klinik layanan konsultasi pemerintah daerah pada inspektorat kota Kendari (Iklan Si Peda), pelaksana Irban IV Inspektorat Kota Kendari.

Membangun kota bersih dan bebas sampah dari lorong bersama emak-emak Desawisma (Lorong Momahe) pelaksana Camat Wua-wua.

Community Complaint Clinic (Triple C) pelaksana Sekretaris Camat Mandonga. (C)